Selasa, 16 Juli 2013

Teknik Induksi Dave Elman

Teknk induksi Dave Elman merupakan salah satu teknik induksi yang merupakan favorit para Hipnoterapis, karena dapat diterapkan ke hampir 80% klien, termasuk klien yang analitis.

Teknik induksi Dave Elman memberikan kesempatan bagi Hipnoterapis untuk melakukan kalibrasi kedalaman klien, lebih banyak dari teknik induksi lainnya.

Pada saat ini sangat banyak diketemukan variasi dari teknik induksi Dave Elman, dan berikut ini adalah salah satu varian teknik induksi Dave Elman yang dikembangkan oleh Yan Nurindra (extended version) yang terdiri dari tahapan : Setup, Eye Catalepsy, Fractionation, Hand Lift and Drop, dan Counting Down.

Bagi anda yang akan menggunakan teknik induksi Dave Elman, dapat melakukan modifikasi terhadap script yang ada, termasuk penambahan atau pengurangan, disesuaikan dengan kondisi dari klien.

Script :

SETUP

Bp/Ibu, ijinkan saya sebentar lagi akan memandu anda untuk memasuki relaksasi.

Relaksasi ini akan berangsung secara perlahan, bertahap, dan anda akan dapat mengamati dengan jelas setiap proses yang terjadi, bahkan anda dapat menyadari setiap proses di setiap bagian tubuh anda yang secara perlahan-lahan akan mulai memasuki relaksasi.

Posisikan tubuh anda senyaman mungkin, benar-benar tempatkan tubuh anda pada posisi yang bebas dan lepas. [Pada tahap ini pastikan Client agar benar-benar berada dalam posisi fisik yang benar-benar nyaman].

Pejamkan mata anda, dan rasakan setiap hirupan nafas dan juga setiap hembusan nafas, niatkan dalam hati bahwa setiap hembusan nafas akan mengantarkan anda kepada relaksasi tubuh dan pikiran.

Anda dapat merasakan keberadaan setiap bagian tubuh anda, dari mulai dari kepala sampai dengan ujung kaki. Andapun juga tetap dapat merasakan kondisi sekeliling, bahkan anda dapat mendengarkan dengan jelas suara-suara di sekeliling anda, dan juga suara saya tentunya.

Sekarang saya minta anda memerintahkan kepada tubuh anda sendiri untuk secara bertahap memasuki relaksasi. Katakan dalam hati :

”Saya perintahkan tubuh saya dari kepala sampai dengan ujung kaki untuk memasuki relaksasi”.

Ya rasakan proses relaksasi yang mungkin mulai berlangsung, amati otot-otot kepala anda yang mungkin mulai terasa nyaman, menjadi lebih rileks.

Sekarang amati getaran relaksasi ini yang mungkin mulai menjalar ke bagian tubuh lainnya ……….. leher, bahu, dan juga kedua belah tangan, serta ke sepuluh jari jemari yang menjadi lebih rileks, dan lebih nyaman.

Anda benar-benar dapat mengamati proses yang terjadi secara jelas, bahkan anda tetap dapat menyadari keadaan sekeliling. Andapun dapat  memilih untuk lebih memperhatikan hal-hal tertentu, dan tentu saja anda juga dapat memilih untuk tidak merespon hal-hal yang mungkin tidak perlu atau hal-hal yang mungkin dapat mengganggu proses relaksasi ini.

Ya sekarang relaksasi ini mulai menjalar ke daerah tubuh bahwa, daerah pinggang, perut, dan juga kedua belah kaki, menjadi benar-benar rileks, tenang, mungkin menjadi lemas atau menjadi sangat malas. Silakan nikmati.

Rasakan bahwa tubuh benar-benar menjadi sangat santai, rileks, dan anda benar-benar dapat memperhatikan setiap proses yang terjadi, bahkan anda dapat mendengarkan hirupan dan hembusan nafas anda yang mungkin menjadi lebih halus, yang menandakan bahwa anda benar-benar memasuki keadaan yang rileks dan nyaman.

EYE CATALEPSY

Sekarang silakan arahkan perhatian kepada kedua kelopak mata anda yang saat ini tengah terpejam dan menikmati relaksasi ini. Silakan perintahkan kepada kedua belah mata anda untuk benar-benar memasuki relaksasi secara lebih total. Ya, sekarang anda dapat mengatakan dalam hati :

”Saya perintahkan kepada kedua mata saya, agar saat ini juga menjadi sangat rileks, menjadi sangat malas, dan menjadi sangat lemas”.

Ya, rasakan bahwa kedua mata anda benar-benar mulai mematuhi perintah anda. Kedua mata anda saat ini menjadi lebih rileks, lebih malas, lebih lemas, bahkan mungkin lebih berat. Nikmati saja.

Bahkan jika saat ini mungkin mata anda mulai memasuki rasa kantuk atau menjadi sangat berat, biarkan saja, karena menandakan bahwa anda benar-benar mulai memasuki relaksasi yang lebih dalam.

Biarlah hembusan nafas anda yang mungkin saat ini menjadi semakin halus, mengantarkan mata anda dan seluruh bagian tubuh anda yang lain untuk memasuki relaksasi dan keheningan yang lebih dalam.

Eye Catalepsy Test

Ya, rasakan kedua mata anda benar-benar rileks, malas, lemas, mungkin juga berat. Sehingga walaupun anda mencoba untuk membukanya, maka kedua mata anda mungkin akan sangat malas untuk membuka, mungkin juga menjadi sangat berat, atau bahkan tidak merespon sama sekali. Bahkan semakin anda mencoba, maka anda akan semakin memasuki relaksasi tubuh dan pikiran yang semakin dalam.

Ya sekarang anda boleh mencoba-coba untuk membuka mata anda, silakan.

[Hipnoterapis melakukan Kalibrasi]

Ya biarkan kedua mata anda terpejam dengan nyaman, terus nikmati relaksasi ini, dan rasakan setiap bagian tubuh anda saat ini benar-benar mulai beristirahat dengan sangat nyaman, tenang, dan hening.

[Hipnoterapis dapat menambahkan ”Simple Deepening”]

FRACTIONATION

Sebentar lagi saya akan menghitung satu sampai tiga, dan pada hitungan ketiga saya minta anda untuk membuka mata, silakan anda lakukan semampu anda. Dan ketika saya minta anda untuk menutup kembali mata anda, maka rasakan bahwa anda akan memasuki relaksasasi sepuluh kali lipat lebih dalam dari relaksasi sebelumnya.

Sekali lagi, sebentar lagi saya akan meminta anda membuka mata, dan ketika anda menutup mata kembali maka anda akan memasuki relaksasi sepuluh kali lipat  lebih dalam dari sebelumnya, bahkan sepuluh kali lipat lebih hening.

Satu, dua, tiga, buka mata ….. dan pejamkan kembali, rasakan anda memasuki relaksasi lebih dalam.

Satu, dua, tiga, buka mata ….. dan pejamkan kembali. Benar-benar anda memasuki relaksasi sepuluh kali lipat lebh dalam dari sebelumnya.

Satu, dua, tiga, buka mata ….. ya silakan pejamkan kembali, dan nikmati relaksasi yang semakin dalam.

Sekarang silakan anda untuk mencoba sendiri membuka mata, dan segera pejamkan kembali, dan anda akan memasuki relaksasi yang jauh lebih dalam dari sebelumnya.

Silakan anda untuk mencoba-cobanya beberapa kali.

[Biarkan klien mencoba, dan Hipnoterapis melakukan Kalibrasi]

Jika mata anda benar-benar sudah rileks atau anda sudah benar-benar malas melakukannya, maka anda tidak perlu melakukannya lagi, nikmati saja relaksasi yang semakin dalam ini.

[Hipnoterapis dapat menambahkan ”Simple Deepening”]

HAND LIFT AND DROP

Sebentar lagi saya akan membantu untuk memastikan apakah saat ini tubuh anda benar-benar sudah berada dalam kondisi yang sangat rileks.

Ijinkan saya sebentar untuk mengangkan tangan anda, dan anda tidak perlu membantunya. Kemudian saya akan menjatuhkan tangan anda, dan andapun tidak perlu menahannya, biarkan semuanya berlangsung secara alami. Ketika tangan anda jatuh, maka anda akan memasuki relaksasasi yang lebih dalam, anda akan memasuki relaksasi dan keheningan dua kali lipat lebih dalam dari sebelumya.

[Hipnoterapis mengangkat tangan klien dan menjatuhkannya. Lakukan beberapa kali, dan lakukan Kalibrasi]

[Hipnoterapis dapat menambahkan ”Simple Deepening”]

COUNTING DOWN

Untuk membantu proses relaksasi ini agar semakin dalam, semakin nyaman, maka sebentar lagi saya akan meminta ada untuk menghitung mundur mulai dari 100, 99, 98, 97, 96, dan seterusnya.

Anda cukup menghitungnya dalam hati, secara perlahan, dan niatkan bahwa setiap kali anda menghitung maka anda akan memasuki relaksasi dua kali lipat lebih dalam dari sebelumnya. Kemudian setiap anda selesai menghitung, maka buanglah angka tersebut dari pikiran anda, boleh dengan cara menghapusnya, atau dengan cara membuangnya, atau dengan cara apapun yang paling nyaman untuk anda.

Kemudian, setiap kali anda menghitung angka genap, maka saya minta gerakkan sedikit telunjuk kiri anda, seperti ini [Berikan contoh], dan setiap kali anda menghitung angka ganjil, maka gerakkan sedikit telunjuk kanan anda [Berikan contoh].

Jika anda sudah memahami yang saya maksudkan, mohon gerakkan kedua telunjuk anda, dan kita segera akan memulai proses penghitungan ini.

Ya kita mulai, 100 ….. gerakkan telunjuk kiri sedikit, rasakan relaksasi dua kali lipat lebih dalam dari sebelumnya, dan sekarang buanglah angka ini dari pikiran anda.

99 …. gerakkan telunjuk kanan sedikit, relaksasi dua kali lipat lebih dalam, dan buang angka ini.

Ya, sekarang silakan anda melanjutkannya sendiri, secara perlahan saja, dan nikmati prosesnya.

Silakan anda lakukan semampu anda, lakukan secara perlahan, dan nikmati prosesnya. Silakan lakukan, semampu anda ……

[Hipnoterapis menunggu dan melakukan Kalibrasi]

Jika tangan klien sudah mulai bergerak tidak beraturan atau mulai melemah, maka Hipnoterapis dapat menambahkan script :

Jika anda sudah merasa tidak mampu menghitung atau mungkin sudah sangat malas untuk menghitung, maka biarkan proses ini terhenti secara perlahan, dan andapun akan semakin rileks semakin dalam.

[Hipnoterapis dapat menambahkan ”Simple Deepening”]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar